Lulur Ibu Aman untuk Ibu Hamil

By: Hilyah → Rabu, 28 Oktober 2015



Masalah kulit saat kehamilan bukanlah hal yang jarang terjadi. Hal ini disebabkan oleh banyak hal diantaranya terganggunya keseimbangan hormon, faktor stress, dan lain sebagainya. Terganggunya keseimbangan hormon dapat mengubah tipe kulit Anda. Jika pada saat sebelum hamil kulit Anda normal, maka saat hamil kulit dapat berubah menjadi berminyak, atau sebaliknya.

Berikut ini adalah beberapa permasalahan kulit seputar kehamilan dan cara mengatasi secara alami:

1.      Mencegah Stretchmark

Stretch mark (tanda regangan) adalah guratan kulit berpola memanjang tidak beraturan. Garis-garis tersebut bervariasi panjangnya dari beberapa milimeter sampai belasan sentimeter. Stretch mark terjadi ketika lapisan dermis teregang melebihi daya fleksibilitasnya dalam waktu singkat. Akibatnya, dermis pecah sehingga membentuk stretch mark. Stretch mark sebenarnya hanya kerutan kulit, hanya  lapisan dermis yang terpengaruh sedangkan lapisan epidermis di atasnya tetap utuh.

Stretch mark ini umumnya tidak mengganggu aktivitas Anda, tapi mengganggu estetika tubuh Anda karena adanya perbedaan warna.

Saat Anda mengetahui Anda hamil, pasti hati Anda bahagia. Segera setelah Anda mengetahuinya, ada baiknya Anda segera melakukan treatment untuk menghindari terjadinya stretch mark ini.

Caranya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin pagi dan sore sebelum mandi. Untuk lebih efektifnya, campurkan juga minyak zaitun ke dalam adonan Lulur Ibu saat melakukan scrubbing. Pemakaan Lulur Ibu dengan minyak zaitun secara rutin, akan membuat Anda terhindar dari stretch mark saat usia kandungan semakin besar.

2.      Mengatasi stretch mark
a.      Mengolesi bagian stretch mark dengan kentang. Caranya dengan memotong-motong kentang dengan potongan yang besar, air pati yang keluar dari kentang digunakan untuk mengolesi pada bagian yang ingin dihilangkan stretch mark-nya. Tunggu beberapa menit lalu bilas.
b.     Mencampur serbuk Lulur Ibu (jika kulitnya termasuk yang sensitif, sebaiknya ayak serbuk lulur terlebih dahulu agar diperoleh partikel yang halus), 2 sendok makan minyak almond, dan jus 1 buah lemon. Oleskan selama 10 menit dengan gerakan melingkar setiap hari sebelum mandi.
c.      Mencampur serbuk Lulur Ibu dengan 2 sendok makan minyak jarak (castrol oil), oleskan dengan gerakan melingkar (pastikan gerakannya hanya satu arah, tidak berubah-ubah), bungkus dengan kain katun tipis, lalu tunggu selama sedikitnya 15 menit. Setelah itu dapat dibilas.
d.      Mengolesi bagian yang ber-stretch mark dengan lemon segar juga dapat digunakan untuk mengurangi guratan. Setelah dioles, diamkan setidaknya 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3.      Selulit 
a.      Mencampur serbuk Lulur Ibu, 2 sendok makan minyak zaitun dan  2 sendok makan madu akan sangat membantu untuk mengurangi selulit Anda. Gunakan secara teratur dengan gerakan melingkar.
b.      Mencampur serbuk Lulur Ibu, parutan wortel, dan madu atau getah lidah buaya. Campuran ini juga dapat membantu mengurangi selulit yang tersembunyi di bawah kulit Anda. Oleskan campuran lulur tersebut, tunggu kering, lalu bilas dengan air hangat. Jika Anda menginginkan untuk berendam, dapat gunakan air hangat dengan campuran susu untuk menjaga kelembaban kulit Anda. Tambahkan beberapa tetes essensial oil untuk membuat Anda makin rileks.

4.      Perut membesar

Campurkan serbuk Lulur Ibu dengan serbuk bangle (Anda akan mudah mendapatkannya di pasar tradisional), buat adonan dengan air hingga menjadi bubur, oleskan adonan pada perut, lalu gunakan stagen atau gurita ibu yang terbuat dari kain. Dengan menggunakan campuran ini secara rutin Anda akan terbebas dari perut bergelambir dan kondisi kulit Anda juga akan lebih cepat pulih seperti sediakala.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.
Dikutip dari berbagai sumber.
TemplatePixel

TemplatePixel creates awesome and unique blogger templates. TemplatePixel also creates some special premium blogger themes which meet your expectation. TemplatePixel create themes for Magazine, Portfolio, Gallery and Simple.

No Comment